Senin, 08 Oktober 2012

Erupsi Merapi 2010 yang disebut - sebut yang terbesar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, telah menyebabkan kerusakan fisik di berbagai sisi kehidupan. kepedulian akan semakin riil dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak yang mau berbaik hati memberikan sumbangan kepada warga merapi, sebagai donatur.
Sumbangan itu tidak berarti memberikan sejumlah uang kepada warga masyarakat. Warga di Lereng Merapi seperti di Desa Balerante salah satunya. Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten merupakan salah satu desa di lereng merapi yang terkena dampak dari erupsi merapi. Bahkan sebagian wilayah desa tersebut mengalami kerusakan.
Batik merupakan bagian dari budaya leluhur dan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan. salah satu jenis batik adalah batik tulis. Batik tulis merupakan hiasan kain dengan menggunakan tangan sesuai corak atau tekstur tertentu. Jadi proses pembuatan motifnya juga manual. Ciri dari batik tulis adalah kombinasi warna yang banyak, motif tidak berulang dengan warna dasar gelap atau cerah.
Batik Balerante merupakan batik yang mempunyai ciri khas tersendiri. Motif yang tertuang dalam goresan batik balerante mempunyai motif yang menggambarkan sesuatu yang ada di Balerante. Motif gunung merapi dan keindahan alam pegunungan sangat kental mengilhami dan tertuang dalam goresan warna dalam kain. Motif tersebut muncul sesuai dengan kondisi alam di Balerante. Dengan sentuhan kontemporer dengan isen - isen motif batu dan dedaunan akan menambah khasnya batik Balerante.
Pengerjaan batik Balerante merupakan usaha yang dilakukan oleh kelompok warga. Warga merupakan kurban bencana erupsi gunung merapi yang mempunyai semangat untuk menumbuhkan kembali semangat hidup mandiri dengan wirausaha. Kelompok warga yang mengerjakan kegiatan membatik dilakukan oleh 30 orang. Kelompok tersebut tidak hanya orang tua yang melakukan aktivitas, melainkan anak - anak muda juga turut serta melakukan kegiatan membatik tersebut.
Kegiatan membatik merupakan salah satu upaya meningkatkan taraf hidup paska erupsi merapi. Kegiatan membatik ini memerlukan pewarna yang spesifik. Pewarna menggunakan pewarna yang alami. Pewarna tersebut diambil dari wilayah yang ada di seputaran Balerante. Hal ini akan mengurangi biaya produksi, sehingga biaya produksinya dapat di tekan.
Harga batik Balerante juga tidak jauh berbeda dengan batik - batik lainnya. Batik Balerante dijual dengan harga relatif terjangkau. Harga batik tulis Rp 375.000,00; batik cap Rp 275.000,00; sedang janis sarung Rp 250.000,00. Harga tersebut kain batik dengan ukuran 2x1,5 meter. Kelompok batik Balerante tidak hanya menjual dalam bentuk kain, akan tetapi yang sudah berujud baju dan kaos juga ada. Baju batik dijual dengan harga Rp 400.000,00; sedang untuk jenis kaos batik Rp 75.000,00.
Untuk membeli batik Balerante bisa mendatangi langsung ke kompok batik Balerante yang beralamat di Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Saat untuk pemasaran masih sebatas dari pameran ke pameran. Akses untuk pasar juga masih sangat minim. untuk membeli batik Balerante jangan hanya melihat dari harga yang tertera, akan tetapi nilai sosial dimana dengan membeli batik Balerante senantiasa akan membantu warga kurban erupsi gunung merapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar